Upacara Peringatan HUT ke-77 RI di BPK Perwakilan Provinsi Aceh

 

 

Banda Aceh, 17 Agustus 2022 – BPK Perwakilan Provinsi Aceh melaksanakan Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara ini dilaksanakan secara luring di halaman depan kantor setelah dua tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring karena pandemi Covid-19. Upacara dipimpin oleh Kepala Perwakilan, Masmudi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dan diikuti oleh seluruh pegawai dan pejabat struktural di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Aceh.

Dalam amanatnya, inspektur upacara membacakan pidato Ketua BPK RI Ibu Isma Yatun yang menyampaikan bahwa tema peringatan kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” yang mencerminkan semangat dalam bertransformasi dan bertumbuh di tengah tantangan Pandemi Covid-19.

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 kemerdekaan ini harus dimaknai dengan kontribusi nyata melalui peningkatan kualitas dan manfaat hasil pemeriksaan sebagai kontribusi BPK dalam mewujudkan good governance.   Di bidang pertanggungjawaban keuangan negara, pemeriksaan BPK telah mendorong perbaikan kualitas laporan keuangan dengan peningkatan opini Wajar Tanpa Pengecualian, sebesar 95% di kementerian negara/Lembaga, 100% di pemerintah provinsi, dan 92% di pemerintah kota/kabupaten. Hal ini sudah melampaui target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2020-2024.

Dengan tingkat akuntabilitas keuangan negara yang kian baik tersebut, maka selanjutnya BPK perlu memberikan kontribusi peningkatan efisiensi, efektivitas, dan nilai ekonomi dari keuangan negara melalui pemeriksaan kinerja. Selain itu, BPK juga masih perlu untuk terus mendorong penguatan kepatuhan, pencegahan dan pemberantasan korupsi melalui pemeriksaan dengan tujuan tertentu dan investigatif.

Pada penutup sambutannya, Ketua BPK menyampaikan harapannya dan kembali menekankan agar seluruh pegawai BPK senantiasa melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan selalu memegang teguh integritas, independensi, serta profesionalisme dimanapun berada, karena, Bangsa Indonesia memiliki harapan besar kepada BPK untuk terus mengawal pengelolaan keuangan negara yang lebih akuntabel bagi sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat.

Setelah upacara selesai, seluruh pegawai berfoto bersama dan dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan untuk anak-anak pegawai di Auditorium.